how do we know a song is jazz-able or not

sebelum melangkah lebih jauh, akan aku awali dulu dengan asumsi (jadi ingat kuliah basis data), bahwa kamu udah pernah mendengar beberapa subgenre-subgenre besar dari jazz seperti bossa, swing, (mungkin) accoustic, dan style jazz yang standar atau umum dikenal. nah, mari kita melangkah sedikit lebih jauh. sebenarnya yang penting dari materi ini adalah seberapa jauh pengalaman kita memainkan jazz, entah itu dari belajar secara formal (seperti temanku Yonar) atau non-formal (that’s me). pertama kali kita harus ngerti dulu lagunya (lucu donk klo gag ngerti lagunya). setelah ngerti dan tau chord yang dipakai di situ, lihat iramanya (terutama birama). jangan terlalu memaksakan suatu lagu menjadi apa yg kita inginkan. mungkin di sisi kita target transformasi itu baik, tapi belum tentu untuk orang lain, meskipun kebanyakan transformasi itu bisa diterima oleh penikmat/pendengar jazz. hmmm….. masih bingung?

langsung kita ke contoh (ini pengalaman pribadi lo). Temen-temen tau lagunya J-Rocks yang ‘Kuingin kau Untukku’? nah, chord yang dipakai di situ udah mendukung banget buat di-jazz-kan (there are some minor seven and major seven on it) terus kita lihat iramanya. kalo menurutku, bossanova pas untuk versi jazz dari lagu tersebut. kalo mau tau lagi udah bener2 pas atau belum, coba aja mainkan lagu itu dalam bossanova. klo aku sih langsung tau chord yang harus dimainkan beserta improvisasinya. tapi bagaimana dg kamu? it’s depend on your experience on how do you play jazz. mungkin bisa diawali dengan menerka improvisasi yang tepat berdasarkan target transformasi (dalam contoh adalah bossanova).

mau contoh laen? Tau lagunya d’masiv yang ‘aku rindu’? yap! lagu ini begitu mellow. klo aku, biasanya lagu mellow lebih enak dibikin swing atau akustik. tapi untuk lagu ini, lebih pas dibikin swing, meskipun kadar kekentalan (duh.. kata2nya :& ) swing-nya gag terlalu besar, tapi pas banget kog. jangan lupa improvisasinya ya, biar gag terlalu garing jazz-nya. Semakin tinggi level improvisasi, maka akan semakin tidak terlihat jalan cerita asli lagunya. improvisasi itu baik asal tidak meninggalkan jalan cerita dari lagu itu. dan sekali lagi, kalo gag cocok jangan dipaksakan ya :)

salam jazz