Bricks? bata? hahahaha bukan. tapi rusak dan tak dapat dipakai sama sekali. Istilah ini umumnya dipakai dalam peralatan-peralatan elektronika yang memiliki sistem operasi atau firmware di dalamnya.

Pertengahan Juli lalu, aku diundang oleh seorang kawan untuk ngoprek sebuah server antah berantah yang aku sendiri tak yakin bisa mengoperasikan. Server itu adalah rackmount server 2U Sun Enterprise M3000, yang berarsitektur sparc Awalnya aku memandu dia untuk menyalakan server tersebut, yang ternyata tidak semudah server x86 biasa. harus ada serangkaian ritual yang harus dilaksanakan, yaitu dengan mengetik sesuatu lalu memutar kunci, dan menekan tombol Enter. Tidak ada port VGA untuk menampilkan local console, hanya terdapat serial console.

Berbagai sistem operasi akhirnya kucari untuk dapat menghidupkan server antah berantah ini, sampai pada akhirnya pilihanku jatuh pada OpenBSD. pada saat mode LiveCD, segalanya berjalan dengan lancar, hingga saat instalasi dimulai. sebelumnya aku telah membaca postingan milis yang mengatakan bahwa ternyata instalasi OpenBSD di server ini membuat motherboardnya fault. Hmmm... sialan bener dah. dan kami segera menghentikan segala kegiatan ngoprek kami hari itu juga hahaha