transformasi musik dangdut ke jazz

iseng-iseng mengisi waktu luang, awalnya sih browsing video lagu-lagu yang diputar di acara HARMONI SCTV. ketemu beberapa lagu yang transformasinya sedikit aneh. Salah satunya adalah lagu Cari Jodoh-nya Wali yang dibikin swing dan yang nyanyi Afgan. Wow.. awal aku denger sih ketawa-ketiwi kayak wong edan ngono.

Kog iso seh lagu gag mbejaji koyok ngene digawe mewah ngene!?

Lalu kulihat ke arah kanan, ada beberapa judul video yang menggelitik. Setelah puas menonton Cari Jodoh versi swing, aku liat ada Afgan, Sammy Kerispatih, Rio Febrian dan Tompi nyanyi Jatuh Bangun, dan lagi-lagi dibikin swing. Whahahahahahahaha… ngakak pwolll wez!! Setelah itu ada Kamga (a rapper), (lagi2) Afgan, Joeniar Arief, dan Vidi nyanyi Kucing Garong versi swing. Lagi2 ngakak sampe keluar air mata! =))

Ngomong2 masalah transformasi (atau apalah itu istilahnya, gag ngurus!), buat aku dangdut adalah yang paling susah diubah ke dalam jazz. Namun, setelah menonton video-video tadi, ada 1 pertanyaan:

adakah subgenre jazz lain yang bisa dijadikan target transformasi dari musik dangdut?

Sebelumnya, aku juga punya lagu-lagu campursari yang dibuat bossanova. Campursari pun cuma bisa ditransform ke bossanova. Aku berpikir lagi gimana caranya supaya bisa mentransform musik-musik popular di kalangan grassroot ke musik jazz.

Vivat Musical Freedom! Salam jazz.